JUAL RANGKA TRAIL MURAH

Selamat datang di situs tukang ngetrail
Disini kita bicara apa saja, dari soal motor sampai soal Ujian Nasional. Mulai dari bengkel sampai kandang sapi. Disini bukan tempat untuk download mie ayam, bakso apalagi nasi goreng.
 

Secara Umum Jenis Rangka Pada Sepeda Motor

Setiawan, Spesialis Rangka Drag dan Grasstrack Setelah Pindah Haluan


Secara umum jenis rangka pada sepeda motor adalah :
1.      Rangka bak (cradle frames)
Disebut rangka tipe bak (Cradel Rame type) dikarenakan bentuknya yang sepeti bak. Memanfaatkan ruang kosong seperti bak pada tengahnya sebagai bagian pemegang mesin. Secara umum ada dua jenis rangka model cradle, yaitu tipe single cradle dan cradle rangkap. Rangka jenis ini banyak diaplikasi pada motor-motor sport (motor laki).
2.      Rangka tipe trellis (terali)
Rangka jenis ini memanfaatkan rangkaian pipa rangka untuk membagi beban dengan rata, sehingga beban yang diterima setiap pipa kecil kemudian memusatkan ke pusat frame secara grafitisitas dan disalurkan pada suspensi sehingga beban yang topang rangka dapat diperkecil mendekati nol.
              Rangka tipe ini banyak diterapka pada sepeda motor Eropa, seperti Ducati, Aprillia, BMW dan lain-lain.



3.       Rangka tipe spine
Rangka jenis ini adalah rangka yang dapat kita temui secara umum pada konstruksi rangka sepeda motor dalam negeri. Bahkan rangka ini merupakan jenis rangka pertama yang diterapkan pada sepeda motor Jepang. Dan hingga saat ini sepeda motor jenis bebek dan skutik (skuter matik) juga masih setia terhadap rangka ini. Bentuk dan disainnya yang simple, serta biaya pembuatan yang relatif murah, menyebabkan rangka jenis ini menjadi primadona di kalangan produsen sepeda motor tanah air. Secara umum beberapa sepeda contoh sepeda motor yang menggunakan rangka tipe spine adalah : Honda Supra, Suzuki Smash, Yamaha Jupiter, Yamaha Mio dan hampir seluruh jenis motor bebek (rangka gambar atas), kemudian Yamaha L-2, Honda Kijang (rangka spine gambar bawah), dll.


4.      Rangaka tipe kotak (Delta Box)
 
Jika kita adalah orang yang mengikuti perkembangan dunia otomotif khususnya sepeda motor. Maka anda akan menyimpulkan dari seluruh jenis rangka sepeda motor yang ada, maka rangka jenis inilah yang paling canggih. Jika memang benar itulah pendapat anda, maka bukanlah sebuah kesalahan jika anda memiliki pernyataan demikian. Hal ini dikarenakan rangka tipe delta boxlah yang paling banyak terlihat di sirkuit balap dunia. Sebagian besar sepeda motor kompetisi menggunakan rangka tipe ini. Bentuknya yang simple, kemungkinan defleksi yang kecil, serta biaya produksi yang relative rendah menyebabkan rangka jenis ini menjadi primadona para konstruktor sepeda motor  sirkuit. Beberapa sepeda motor yang menggunakan rangka tipe ini adalah : Yamaha YZR M1 besutan The Doctor Valentino Rossi, Honda Moto Gp tunggangan Dani Pedrosa, Yamaha R6, Honda CBR 600, Yamaha YZF 250 dan 450 (Moto Cross), dll. Bahkan salah satu motor pasar dalam negeri juga menerapkan rangka modern ini, yakni Yamaha V-Ixion 150.
 
5.      Rangka tipe balok penyeimbang (beam)
Dari sekian banyak jenis atau tipe rangka sepeda motor, maka rangka jenis inilah yang paling sedikit diterapkan oleh para produsen sepeda motor. Disainnya yang sedikit ribet serta cenderung memakan kos tinggi menyebabkan bukanlah suatu pilihan yang bijak jika menerapkan rangka jeinis ini untuk sepeda motor massal.